Manfaat Teh Hitam – Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat teh hitamĀ untuk kesehatan dan kecantikan sudah sangat jelas. Berbagai penelitian menunjukkan teh hitam mampu mencegah, mengendalikan dan bahkan membantu menyembuhkan beberapa penyakit mulai dari jantung, kanker, psteoporosis, carries gigi, asam urat, melangsingkan tubuh hingga menghambat proses penuaan dini.

Teh hitam mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel dan jaringan. Antioksidan menetralkan radikal bebas sehingga tidak menyebabkan bahaya. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit dan penuaan kulit.

Kehebatan teh berada pada komponen bioaktifnya, yaitu polifenol yang secara optimal terkandung dalam daun teh muda dan utuh. Senyawa polifenol dapat berperan sebagai penangkap radikal bebas hidrosil(OH) sehingga tidak mengoksidasi lemak, protein, dan DNA dalam sel.

Teh juga terdapat senyawa yang disebut L-theanin (y-chylamino-Lglutamic acid) adalah sebuah asam amino yang unik pada tanaman teh dan merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap rasa eksotis dan merupakan komponen asam amino utama teh dengan jumlah lebih dari 50% dari total asam amino bebas. L-theanin bermanfaat untuk mengurangi tingkat stress dan meningkatkan daya ingat seseorang karena mengandung efek relaksasi.

Teh Hitam menekan kolestrol (zat lemak) untuk mengurangi resiko terkena jantung koloner dan serangan jantung…

Mengapa radikal bebas dapat menjadi pemicu penyakit jantung koroner ?

Apabila radikal bebas yang terbentuk bertemu dengan LDL akan terjadi oksidasi LDL yang menghasilkan sel busa yang dapat menyumbat aliran darah dan menimbulkan penyakit jantung koroner.

Manfaat Teh Hitam Untuk Jantung :

  • Menghambat penyerapan kolesterol
  • Menghambat pembentukkan thromboxan dan fibrinogen, penyebab terjadinya pembekuan darah.
  • Bertindak sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya pembekuan darah.
  • Mengendurkan saluran pembuluh darah.