Teh Hitam Untuk Diet

Apa sebenarnya perbedaan besar antara teh hitam dengan jenis teh lainnya, seperti teh putih dan hijau? Teh hitam lebih teroksidasi, sehingga peningkatan oksidasi ini membuat teh hitam jauh lebih beraroma dan sarat akan kafein.

Anda mungkin sering mendengar bahwa minum teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi penelitian terbaru dari University of California di Los Angeles menemukan bahwa teh hitam untuk diet juga dapat membantu mengikis lemak di tubuh kita. Ada banyak kandungan didalam teh hitam yang membuatnya menjadi memiliki banyak manfaat.

Sebenarnya teh hitam lebih dulu ada daripada teh hijau. Tetapi entah mengapa malah teh hitam yang tidak dikenal banyak orang. Berikut adalah kandungan yang ada di dalam teh hitam sehingga membuat teh hitam menjadi memiliki khasiat dan manfaat yang begitu banyak :

  1. Peran Polifenol Dalam Menurunkan Berat Badan

Polifenol sejenis antioksidan berbasis tumbuhan yang asalnya dari teh. Berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Polifenol didalam teh hijau berupa katekin, daun teh hijau yang diproses lebih lanjut menjadi teh hitam juga mengubah katekin menjadi theaflavin. Theaflavin yang kemudian berperan dalam menghambat proses kerja enzim lipase. Sehingga sejumlah lemak yang masuk kedalam tubuh akan langsung dikeluarkan, hal ini terjadi disebabkan enzim lipase tidak dapat mencerna lemak yang masuk ke dalam tubuh karena tertahan oleh polifenol theaflavin yang merupakan khasiat teh hitam untuk diet.

  1. Essential oil

Teh juga mengandung protein yang dirasakan besar perannya dalam pembentukan aroma.  Bermanfaat untuk melarutkan lemak, memperlancar pencernaan dan peredaran darah.

  1. Peran kafein untuk mempertahankan berapt badan

Ketika Anda minum secangkir teh hitam biasa, Anda akan mendapatkan 30 sampai 80 miligram kafein. Hanya membutuhkan sekitar 50 miligram kafein untuk meningkatkan jumlah energi yang dibakar tubuh Anda saat beristirahat, menurut sebuah studi dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Meskipun belum ada cara untuk menentukan pengaruh pasti teh hitam terhadap berat badan, penelitian mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme basal tubuh sebesar 6 persen. Kafein juga mendorong lipolisis, yaitu proses pemecahan lemak tubuh serta merangsang siklus tubuh yang memetabolisme lemak.