Pengobatan Kanker Payudara – Teh Cegah Kanker Payudara

Pada tahun 1950-an satu dari dua puluh wanita amerika di dapati terkena resiko serangan kanker payudara. Dan data terkini menyebutkan satu dari sembilan wanita mengalami resiko kanker yang serupa. Kondisi yang lebih memperhatinkan lagi 44.300 wanita meninggal tiap tahunnya akibat penyakit kanker payudara tersebut.

Adapun berbagai faktor penyebab kanker payudara adalah :

  • Faktor keturunan
  • Mengalami menstruasi sebelum usia dua belas tahun
  • Mulai menopouse pada usia yang sangat senja
  • Melahirkan anak pertama setelah umur tiga puluh tahun
  • Tidak pernah melahirkan
  • Memiliki berat badan 40% di atas normal.

Teh Cegah Kanker Payudara

Penelitian laboratorium yang menghubungkan teh dan kanker payudara mengindikasikan bahwa polifenol teh terutama dalam bentuk EGCG (Epigalocatechin Gallate), sukses menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tikus. Ekstrak teh mampu berinteraksi dengan promotor, hormon, dan faktor pertumbuhan tumor untuk menutup sel kanker. EGCG juga memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Ketika para peneliti di Nagoya City University Medical School di Nagoya Jepang mengujikan anti kanker potensial dari antioksidan yang terdapat di alam, mereka menyimpulkan bahwa katekin teh berada pada posisi teratas dalam pencegahan kanker payudara. Tentunya kesimpulan tersebut telah melewati sebuah kontemplasi yang cukup akurat.

Sekelompok tikus telah di beri senyawa karsinogen yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Secara umum seluruh antioksidan berhasil meningkatkan tingkat kehidupan hewan-hewan ini selama 36 pekan penelitian. Namun demikian tikus yang di beri diet teh memiliki tumor yang lebih keci dan lebih sedikit.

Dari data tersebut para peneliti menyimpulkan bahwa dari semua antioksidan yang di ujikan, efek dari katekin teh hadir sebagai senyawa yang paling menguntungkan karena tidak ada hewan yang mati akibat tumor payudara selama penelitian berlangsung. Satu yang di tafsirkan adalah katekin teh menghambat pertumbuhan tumor / kanker payudara.