Kanker Prostat – 5 Cangkir Teh Cegah Pria Dari Penyakit Kanker Prostat

Kanker Prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node.

Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan gejala lainnya.

Meminum lima cangkir teh atau lebih setiap hari diketahui bisa menurunkan risiko pria untuk terkena kanker prostat ganas, ungkap penelitian terbaru. Pria yang minum teh lima gelas sehari memiliki risiko kanker prostat stadium IV 33 persen lebih rendah.

Selain itu, minum lima cangkir teh setiap hari juga bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat stadium II hingga 25 persen, dibandingkan dengan pria yang hanya minum satu cangkir setiap hari.

Kanker prostat stadium II terjadi ketika tumor sudah berkembang di dalam kelenjar prostat, namun tidak menyebar. Pada stadium IV, kanker telah menyebar ke daerah lain seperti limpa, tulang, dan lever, seperti dilansir oleh Daily Mail (27/07).

Zat kimia yang bernama flavonoid dalam teh dipercaya bisa mencegah sel kanker untuk membentuk tumor. Kabar baiknya, khasiat teh tidak akan berkurang bahkan jika Anda menambahkan gula, susu, pemanis, atau lemon ke dalamnya.

Hasil ini diketahui oleh peneliti di belanda setelah menganalisis data dari 58.279 pria dan menemukan 3.362 kasus kanker prostat, termasuk 1.164 kanker tingkat lanjut. Peneliti membandingkan data partisipan sekaligus tingkat kanker prostat yang mereka alami.